Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Aqidah (Aqidah #1)

Program Belajar Syariah ke 1
Definisi Aqidah (Aqidah #1)
Ustadz Zainul Arifin, Lc

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاه والسلام على رسوله الامين نبينا محمد وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين اما بعد
Dengan izin Allah subhanahu wa Ta'ala ini akan menjadi rekaman yang pertama dalam pembahasan aqidah yang insya Allah akan ada rekaman-rekaman selanjutnya 

Dalam rekaman yang pertama ini kita akan membicarakan secara singkat tentang ta'riful aqidah lughotan wa Isthilahan Definisi akidah baik menurut etimologi yaitu bahasa ataupun menurut terminologi yaitu istilah:

Pertama Definisi aqidah menurut bahasa,  maka perlu kita ketahui kata aqidah itu diambil dari bahasa Arab ,yang asal katanya adalah عقد dan makna عقد ربط وشد بقوة yaitu mengikat dengan kuat ,berarti arti dari aqidah secara bahasa adalah ikatan yang kuat , ikatan yang kokoh yang tidak mudah lepas. Nah ini definisi Aqidah secara bahasa.
Sedangkan definisi Aqidah menurut istilah maka kita bisa mengelompokkannya menjadi 2:
1. Definisi aqidah menurut istilah namun bersifat umum.
2. Definisi aqidah menurut istilah yang bersifat khusus. 

1. Definisi aqidah menurut istilah yang bersifat umum
Maksudnya terlepas Apakah aqidah itu benar ataukah salah, kita tidak membicarakan Apakah ini definisi aqidah yang benar ataukah aqidah yang salah, namun secara umum aqidah menurut istilah adalah "Keyakinan yang kuat yang tidak dimasuki oleh keraguan sedikitpun di dalam hati orang yang meyakini kayakinan itu"

saya ulangi !!!...
aqidah menurut istilah yang bersifat umum adalah "keyakinan yang kuat yang tidak dimasuki oleh keraguan sedikitpun di dalam hati orang yang meyakini keyakinan tersebut" Terlepas Apakah aqidahnya itu benar atau salah, orang yang meyakini sebuah keyakinan yang benar maka dia sanggup melepaskan nyawanya demi mempertahankan keyakinannya itu. begitu pula sebaliknya banyak dari orang-orang yang meyakini sebuah keyakinan yang menyimpang yakinan yang sesat ,Mereka pun juga sanggup melepaskan nyawa untuk mempertahankan keyakinan mereka itu. maka sekali lagi definisi aqidah menurut istilah secara umum adalah "keyakinan yang kuat yang tertancap di dalam hati yang tidak dimasuki oleh keraguan sedikitpun di dalam hati orang yang meyakini keinginan tersebut".

2. Sedangkan definisi aqidah menurut istilah secara khusus (maksudnya definisi aqidah yang benar) maka akidah yang benar menurut istilah adalah keimanan yang kuat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan kepada apa yang menjadi hak Allah berupa tauhid, begitu pula keimanan yang kuat kepada para malaikat ,kitab-kitab, rasul-rasul hari akhir kepada takdir yang baik dan buruk, dan kepada segala perkara yang menjadi pokok agama yang telah disebutkan oleh dalil baik yang bersifat ilmiah ataupun dia bersifat amaliah.

Nah itulah dia definisi aqidah menurut istilah secara khusus maksudnya definisi aqidah yang benar.
mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa dipahami.
والله تعالى اعلم وأعلم
Soal evaluasi: sebutkan definisi Aqidah menurut isthilah!

5 comments for "Definisi Aqidah (Aqidah #1)"

  1. Definisi Aqidah menurut istilah umum adalah keyakinan yang kuat yang tidak dimasuki oleh keraguan sedikitpun di dalam hati orang yang meyakini keyakinan tersebut.

    Definisi Aqidah menurut istilah secara khusus adalah keimanan yang kuat kepada Allah Subhabahu wa Ta'ala dan kepada apa yang menjadi hak Allah berupa taùhid, begitupula keimanan yang kuat kapada para malaikat, kitab-kitab, rosul-rosul, hari akhir, kepada takdir yang baik dan buruk, dan kepada apa yang menjadi pokok agama yang telah disebutkan oleh dalil baik yang bersifat ilmiyah maupun bersifat amaliyah

    ReplyDelete
  2. Definisi aqidah menurut istilah terbagi menjadi 2 yaitu yang bersifat umum dan yang bersifat khusus.

    1. Definisi aqidah menurut istilah yang bersifat umum adalah keyakinan yang kuat, yang tidak dimasuki oleh keraguan sedikitpun di dalam hati orang yang meyakini keyakinan tersebut.
    2. Definisi aqidah menurut istilah yang bersifat khusus adalah keimanan yang kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan kepada apa yang menjadi hak Allah berupa tauhid, kitab-kitab, rosul-rosul, hari akhir, takdir yang baik dan buruk, dan kepada perkara yang menjadi pokok agama yang telah disebutkan oleh dalil, baik yang bersifat ilmiah ataupun yang bersifat amaliah

    ReplyDelete
  3. Akidah menurut istilah yang bersifat umum adalah keyakinan yang kuat yang dimiliki seseorang dan tidak ada sedikitpun keraguan didalamnya. Sedangkan definisi aqidah bersifat khusus adalah keimanan yang kuat kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan keyakinan apa yang menjadi hak Allah yg telah sebutkan oleh dalil baik bersifat ilmiah maupun yang bersifat amaliah

    ReplyDelete
  4. Definisi Aqidah menurut istilah
    1. Definisi Aqidah menurut istilah yang bersifat umum "Keyakinan kuat yang tidak dimasuki keraguan sedikitpun di dalam hati seseorang yang memiliki keyakinan itu."
    2. Definisi Aqidah menurut istilah yang bersifat khusus adalah akidah yang benar menurut istilah adalah keimanan yang kuat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan kepada apa yang menjadi hak Allah berupa tauhid, begitu pula keimanan yang kuat kepada para malaikat , kitab-kitab, rasul-rasul hari akhir kepada takdir yang baik dan buruk, dan kepada segala perkara yang menjadi pokok agama yang telah disebutkan oleh dalil baik yang bersifat ilmiah ataupun dia bersifat amaliah.

    ReplyDelete
  5. Definisi istilah aqidah secara umum adalah keyakinan yg kuat tak goyah kpd sesuatu hal,baik itu benar atau salah.
    Definisi istilah aqidah secara khusus adalah keyakinan yg kuat yg ditujukan hanya kpd Allah , kepd para rasul , malaikat, hari akhir dan kpada takdir baik atau buruk.

    ReplyDelete