Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tadarrus Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Di Bulan Ramadhan

Tadarus Nabi Shallallahu alaihi wasallam di bulan Ramadhan

Allah berfirman:
اتل ما أوحى إليك من الكتب وأهم الصلوا إِلى الصَّلَوا تَتَغَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرُ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَضْلَعُونَ
"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. al-'Ankabuut (29): 45)

وعَن ابْنِ عَبَّاس قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ أَجوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا : يَكونُ في رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللهِ ﷺ أَجْوَدُ بالخير مِن الربح الْمُرْسَلة
Dan dari Ibnu Abbas, dia berkata, 'Adalah Rasulullah manusia yang paling dermawan, dan menjadi lebih dermawan pada bulan Ramadhan saat Jibril menemui beliau, adalah Jibril menemui beliau pada setiap malam dari bulan Ramadhan, lalu beliau membacakan untuknya al- Qur'an. Maka sungguh Rasulullah lebih dermawan dengan kebaikan daripada angin yang berhembus.' (HR. al-Bukhari)

Wahai hamba Allah,

1. Perhatikanlah pembacaan al-Qur'an di dalam bulan Ramadhan. Karena Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya al-Qur'an diturunkan. Sebagaimana Allah berfirman,
شهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى و الفرقان
"[Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)..." (QS. al-Baqarah (2): 185)

Bersungguh-sungguhlah Anda di dalam bertadarrus al-Qur'an bersama sebagian penuntut ilmu. Demikian juga wanita, bertadarrus al-Qur'an bersama sebagian para penuntut ilmu agar Anda bisa mengambil faidah dari orang yang Anda membacakan untuknya al-Qur'an, yang dia akan menjelaskan kepada Anda sebagian perkara yang Anda butuhkan; baik berupa waqaf-waqaf dan semacamnya, atau memberikan faidah kepada Anda jika Anda melakukan lahn di dalam al-Qur'an, kemudian dia bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan Anda dan selainnya.

2. Ramadhan, semuanya adalah waktu yang utama untuk bertadarrus al-Qur'an, akan tetapi bertadarrus al-Qur'an di malam hari lebih utama. Maka bersungguh-sungguhlah Anda bertadarrus al-Qur'an dengan selain Anda di malam hari. Dikarenakan Nabi, Jibril menemui beliau setiap malam Ramadhan untuk membacakan untuknya al-Qur'an.

3. Berupayalah agar tadarrus al-Qur'an berada di setiap malam dari

Ramadhan, maka janganlah Anda meninggalkan satu malampun. Bahkan jadilah Anda orang yang bertadarrus al-Qur'an setiap malam dari malam-malam bulan Ramadhan demi mencontoh tadarrus al-Qur'an Jibril bagi Nabi di setiap malam..

4. Dan lakukanlah oleh Anda, pembacaan al-Qur'an sendirian, jika mudah bagi Anda. Dan berupayalah untuk mengkhatamkan al-Qur'an beberapa kali di dalam bulan Ramadhan. Dan jika Anda mendapati semangat di dalam membaca al-Qur'an, maka bacalah (khatamkan) ia pada setiap tujuh hari. Dan jangan menambah lebih dari itu.

bersabda, Berdasarkan hadits 'Abdulah bin 'Amr, dia berkata, 'Rasulullah:
اقْرَ الْقُرْآنَ فِي شَهْرٍ قُلْتُ إلى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ فَاقْرَأَهُ فِي سَبْع وَلَا تَزِدُ عَلَى ذَلِك
"Bacalah al-Qur'an di dalam satu bulan. Kukatakan, 'Sesungguhnya saya mendapati kekuatan, hingga beliau bersabda, 'Maka bacalah pada tujuh hari, dan jangan lebih dari itu." (HR. al-Bukhari) Dan pada riwayat Muslim,
قَالَ : فَاقْرَأْهُ فِي عِشْرِينَ لَيْلَةٌ
"Maka bacalah ia pada dua puluh hari." (HR. Muslim)

5. Hendaknya bacaan al-Qur'an Anda sebagaimana berikut: - Bacalah al-Qur'an dengan ta'anniy (pelan, tidak terburu-buru), sekiranya Anda berupaya memahami ayat-ayat.

Dan diantaranya adalah bertadabbur (merenungi makna-maknanya), jika Anda melewati sebuah ayat di dalamnya terdapat penyebutan sorga, maka mintalah sorga kepada Allah. Jika Anda melewati sebuah ayat di dalamnya terdapat penyebutan neraka, atau adzab, maka berlindunglah kepada Allah dari neraka dan adzab Allah. Jika Anda melewati sebuah ayat di dalamnya terdapat (perintah) tasbih, maka bertasbihlah. Demikian seterusnya.

Sebagaimana telah datang di dalam sebuah riwayat dari Hudzaifah ,dia berkata:
صلَّيْتُ مَعَ الني ذات لَيْلَةٍ فافتتح الْبَقَرَة فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمَالَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّ بها في رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسُلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تسْبِيحُ سَبِّحْ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعُودٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قام طويلًا قريبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّي الأعلى فكان سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ
"Aku pernah shalat bersama Nabi pada suatu malam. Kemudian beliau mulai membuka surat al-Baqarah. Lalu saya berkata, 'Beliau akan ruku' pada ayat yang keseratus. Kemudian beliau melewati (ayat keseratus). Lalu saya katakan, 'Beliau akan shalat dengan surat al-Baqarah dalam satu rakaat. Lalu beliau melalui surat al-Baqarah. Saya berkata, 'Beliau akan ruku' dengannya. Kemudian beliau membuka surat an-Nisa. Kemudian beliau membacanya. Kemudian beliau membuka surat Ali 'Imran, lalu membacanya dengan pelan. Jika beliau melewati ayat di dalamnya terdapat tasbih, beliau bertasbih. Dan jika melewati (ayat) permintaan, beliau meminta (berdo'a). dan jika melewati ayat permintaan perlindungan, maka beliau meminta perlindungan. Kemudian beliau ruku', lalu membaca subhaana rabbiyal 'azhiimi. Dan ruku' beliau semisal dengan berdiri beliau. Kemudian beliau membaca sami'allaahu liman hamidahu. Kemudian beliau berdiri panjang, mendekati ku' beliau. Kemudian beliau sujud lalu membaca subhaana rabbiyal a'laa, dan adalah sujud beliau mendekati berdiri beliau." (HR. Muslim).

Atau bacalah al-Qur'an dengan bacaan yang biasa (hadr) agar Anda banyak membaca, dan cara yang pertama adalah yang lebih utama. Akan tetapi berhati-hatilah dari membaca al-Qur'an seperti ocehan syi'ir sebagaimana yang dibaca oleh sebagian orang-orang bodoh.

6. Ajarkanlah al-Qur'an kepada manusia di dalam Ramadhan. Dikarenakan untuk yang demikian terdapat keutamaan yang besar. Berdasarkan hadits 'Utsman, dari Nabi beliau bersabda,
خيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. al-Bukhari) Dan ingatkan imam agar mencontoh Nabi, jika dia melewati ayat di dalamnya tasbih, maka bertasbih... dan seterusnya.

Muhammad bin syamy syaibah

Post a Comment for "Tadarrus Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Di Bulan Ramadhan"