Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permulaan Kenabian dan Turunnya Wahyu 02 (Siroh Nabawiyyah #24)

Permulaan Kenabian dan Turunnya Wahyu 02

Program Belajar Syariah Ke 1
Siroh Nabawiyyah #24
Permulaan Kenabian dan Turunnya Wahyu 02
Ustadz Sirajul Yani, M.H.I


بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله و الصلاة والسلام على رسول الله و على اله و اصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين أما بعد
Kita lanjutkan kembali pembahasan as-Shiroh an-Nabawiyah, pembahasan kali ini menjelaskan tanggal awal turunnya nubuwah dan wahyu. Setelah kita mengetahui kisah awal nubuwah atau kenabian Nabi shallallahu alaihi wasallam dan turunannya wahyu pertama kalinya kepada beliau, peristiwa itu terjadi di bulan Ramadhan di malam Lailatul Qadar. Allah subhanahu wa ta'ala Berfirman :
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ...
"Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya al-Qur'an" (QS Al-Baqarah 185)

Allah subhanahu wa ta'ala juga Berfirman :
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
"Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Qur'an pada malam Lailatul Qadr (yaitu malam kemuliaan)"

Banyak hadis yang shahih yang menerangkan bahwa turunnya wahyu pertama terjadi pada malam Senin sebelum terbitnya fajar. Ini menunjukkan bahwasanya Lailatul Qadr terjadi pada malam-malam ganjil dari 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Dan juga penelitian ilmiah menunjukkan bahwa hari Senin di bulan Ramadhan pada tahun itu hanya terjadi pada tanggal 21-nya.

Maka bisa diambil kesimpulan bahwa Nubuwah atau kenabian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hanyalah terjadi pada malam ke-21 dari bulan Ramadhan pada tahun ke-41 dari kelahiran beliau shalallahu alaihi wasallam. Hal ini bertepatan dengan tanggal 10 Agustus tahun 610 M , sedangkan umur beliau shalallahu alaihi wasallam ketika itu adalah 40 tahun Qamariyah lebih 6 bulan 12 hari. Hal ini sama dengan 39 tahun syamsiyah Masehi lebih 3 bulan 22 hari, dengan demikian kenabian beliau shalallahu alaihi wasallam adalah menjelang usia ke-40 tahun Syamsiyah.

Semoga bisa difahami
و صلى الله على نبينا محمد و اخر دعوانا عن الحمدلله رب العالمين

Soal Evauasi: Kapan permulaan nubuwah dan wahyu? sebutkan hari, bulan dan tahunnya!

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi atau memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Permulaan Kenabian dan Turunnya Wahyu 02 (Siroh Nabawiyyah #24)"