Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Dibolehkan Untuk Tidak Berpuasa 3 (Orang Yang Sudah Tua Renta) (Materi #30)

Belajar Ilmu Syar'i Online



Yang Dibolehkan Untuk Tidak Berpuasa 3 (Orang Yang Sudah Tua Renta) (Materi #30)
Oleh : Ustadz Sirajul Yani, M.H.I
الحمد لله والصلاه والسلام على رسول الله وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين وبعد

Kita lanjutkan kembali pembahasan, masih berkaitan dengan siapa saja yang dibolehkan untuk tidak berpuasa:
3. Yang ketiga yaitu orang yang sudah tua renta atau lemah, yang mana mereka tidak mampu berpuasa. Ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدۡيَةٞ طَعَامُ مِسۡكِين

"Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankan ibadah puasa untuk membayar fidyah yaitu memberi makan seorang orang miskin". (Al Baqarah ayat 184).

Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu berkata, menjelaskan ayat di atas:
"Ayat di atas tidak mansukh (tidak dihapus hukumnya), yaitu yang dimaksudkan adalah orang yang sudah tua renta yang tidak mampu untuk berpuasa maka wajib bagi mereka untuk memberikan makanan setiap harinya kepada seorang miskin". Dan telah dinukil ijma' oleh para ulama dalam hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Mundzir, Ibnu Hazm dan Ibnu Abdul Barr.

Berkata Ibnu Mundzir rahimahullah:
"Dan para ulama telah sepakat telah ijma', bahwasanya hukum untuk orang yang sudah tua renta dan orang yang sudah lemah yang mereka tidak mampu untuk berpuasa yaitu untuk berbuka atau tidak berpuasa". (Dalam kitab Al Ijma' halaman 51).
Maka mereka hendaklah membayar fidyah atau memberikan fakir miskin makanan setiap harinya sejumlah hari yang mereka tinggalkan. Ini sebagaimana pendapat jumhur ulama Al hanafiyah, Syafi'iyah dan al-Hanabilah dan disebutkan ijma' dalam hal ini.

Berkata Al Mawardi rahimahullah:
"Dan ini menunjukkan apa-apa yang telah kita sebutkan tadi wajibnya membayar fidyah sebagaimana ijma'nya para sahabat". Dan ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ali Bin Abi Thalib dan Umar Bin Khattab dan Abdullah bin Umar dan juga Abdullah bin Abbas radhiallahu 'anhum.

Semoga bermanfaat.

وصلى الله على نبينا محمد وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Post a Comment for "Yang Dibolehkan Untuk Tidak Berpuasa 3 (Orang Yang Sudah Tua Renta) (Materi #30)"