Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Ketika Melihat Hilal




Maksudnya adalah doa yang diucapkan ketika melihat bulan sabit pada permulaan bulan hijriyah.
اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ
"Ya Allah! Limpahkanlah kepada kami, keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, dan kesuksesan dalam setiap yang Engkau suka dan ridhai. Wahai bulan! Rabbku dan Rabbmu adalah Allah." (HR Tirmidzi).

Sahabat perawi Hadis ini adalah Abdullah bin Umar. Bunyi Hadis ini selengkapnya sebagai berikut: Abdullah bin Umar berkata:
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ ﷺ إِذَا رَأَى الْهِلَالَ قَالَ: اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِما تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبِّي وَرَبُّكَ الله
"Adalah Rasulullah saat melihat bulan sabit, beliau berdoa: Ya Allah! Limpahkanlah kepada kami, keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, dan kesuksesan dalam setiap yang Engkau suka dan ridhai. Wahai bulan! Rabbku dan Rabbmu adalah Allah."

Hilal atau bulan sabit adalah yang muncul pada malam per- tama, kedua, dan ketiga. Setelah itu ia adalah qamar (bulan). Dinama- kan hilal karena orang-orang ketika melihatnya mereka meninggikan suara untuk memberikan informasi tentangnya. Jadi ini dari kata الإهلال yang artinya meninggikan suara. أهله

yakni munculkan dan perlihatkan kepada kami. Maksud- nya jadikan kami terlimpahi keselamatan dan keimanan saat melihat- nya.

بالأمن yakni terlimpahi rasa aman dari segala musibah dan malapetaka.

والإيمان yakni dengan tetap teguh dalam keimanan.

والسلامة yakni selarnat dari segala keburukan dunia dan agama.

وربك "Dan Tuhanmu." Ini perkataan yang disampaikan kepada bulan yang lagi terbit. Dan ucapan beliau ini, sebagai isyarat untuk mengquduskan Sang Maha Pencipta dari keikutsertaan siapa pun dalam apa yang diciptakanNya.

Syarh Hisnul Muslim
Syaikh Majdi Bin Abdul Wahhab Al Ahmad

Post a Comment for "Bacaan Ketika Melihat Hilal"