Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Menghafal Al-Qur'an

Manfaat Menghafal Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah firman Allah, maka ketika Anda menghafal firman ini di dada Anda, berarti hal tersebut akan menjadi pekerjaan terbesar yang Anda lakukan. Hal ini dikarenakan menghafal Al-Qur'an akan membukakan seluruh pintu kebaikan bagi Anda. Ingatlah bahwa misi utama diutusnya penghulu manusia, Nabi Muhammad, adalah Al-Qur'an!

Dengan menghafal Al-Qur'an berarti Anda memperoleh sepuluh kebaikan untuk setiap huruf yang Anda baca. Jika Anda mengetahui -sebagai contoh bahwa jumlah huruf-huruf dalam surat paling pendek dalam Al-Qur'an, yaitu surat Al-Kautsar, adalah 42 huruf, padahal surat ini bisa dibaca hanya dalam 5 detik, maka itu artinya bahwa setiap kali membacanya Anda telah menambah deposit 420 kebajikan di sisi Allah, di mana nilai setiap kebajikan tersebut lebih baik daripada dunia seisinya!

Coba pikirkan, berapa banyak kebajikan yang Anda peroleh ketika Anda membaca seluruh Al- Qur'an yang berisi lebih dari tiga ratus ribu huruf tersebut.

Mari kita pikirkan, berapa kebajikan yang ditulis untuk Anda ketika Anda menghafal seluruh Al- Qur'an, mengulang-ulangnya terus sehingga Al Qur'an menjadi bagian dari kehidupan Anda?

Al-Qur'an mengandung ilmu-ilmu dunia dan akhirat. Ia berisi kisah-kisah orang-orang terdahulu dan akan datang. Ia berisi fakta-fakta ilmiah, ilmu alam, dan ilmu kedokteran. Ia berisi hukum-hukum. undang-undang, dan aturan-aturan syara' yang mengatur kehidupan seorang mukmin dan menjadikan kehidupannya jauh lebih bahagia. Inilah satu-satunya kitab yang bisa memberitahu Anda tentang kisah kehidupan Anda dari awal, memberitahu Anda tentang detik-detik paling penting dalam kehidupan Anda yaitu detik-detik kematian dan sesudahnya, serta memberitahu Anda secara mendetail tentang hari kiamat dan kehidupan di dalamnya yang kekal abadi; mungkin di surga atau mungkin di neraka, yang semoga Allah melindungi kita darinya. Artinya, ketika Anda menghafal Al-Qur'an, maka maknanya Anda sedang menghafal sebuah ensiklopedi terbesar!

Al-Qur'an yang Anda hafal dan Anda jaga hari ini, dialah yang akan menjadi sahabat Anda pada detik-detik kematian! Ia akan menjadi pembela Anda dan pemberi syafaat pada masa di mana kerabat terdekat Anda sekalipun akan menjauh dari Anda. Nabi bersabda:
اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَأَنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ
"Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya ia akan datang sebagai pemberi syafaat kepada sahabat'- nya pada hari kiamat." (HR. Muslim).

Adakah saat-saat yang lebih indah daripada ketika Anda menghadap Allah pada hari kiamat, sedangkan Anda dalam keadaan hafal firman-firman-Nya?

Ketika menghafal Al-Qur'an, Anda pasti akan memiliki kekuatan tutur kata disebabkan oleh ketinggian sastra bahasa Al-Qur'an; Anda tentu akan memiliki kemampuan lebih hebat dalam berinteraksi dengan orang lain, memikul beban, dan bersabar; Anda pasti akan merasakan kebahagiaan yang tak terperikan.

Menghafal Al-Qur'an tidak seperti menghafal kasidah syair, novel, atau lagu. Namun, ketika menghafal Al-Qur'an, Anda akan menciptakan revolusi yang mengubah pandangan Anda terhadap segala hal di sekeliling Anda. Perilaku Anda pasti akan berubah mengikuti hafalan Anda.

Aisyah pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah, maka beliau menjawab, "Akhlak beliau adalah Al-Qur'an."

Maka, jika Anda ingin berakhlak seperti akhlak Rasulullah, hafalkanlah Al-Qur'an.

Al-Qur'an merupakan obat bagi berbagai penyakit fisik dan psikis. Jika membacakan surat Al-Fatihah pada orang sakit, maka dapat menyembuhkannya dengan izin Allah. Lalu, bagaimana dengan orang yang menghafal seluruh Kitabullah? Pasti, Anda akan selamat dari berbagai macam bisikan setan; pasti kekebalan tubuh Anda meningkat dikarenakan terjadinya perubahan besar yang akan Anda alami pada saat proses 10 menghafal Al-Qur'an. Ini bukan teori semata, namun merupakan pengalaman yang pernah saya alami sendiri dan orang lain yang pernah menghafal Al-Qur'an meski hanya beberapa juz saja.

Dalam buku berjudul Afaqul Ilaj bil Qur'an, saya telah membuktikan adanya potensi penyembuhan yang unik dalam setiap ayat Al-Qur'an. Begitu memutuskan untuk menghafal Al-Qur'an, maka Anda tidak akan lagi memiliki waktu untuk menganggur, bosan, merasa cemas, depresi, atau takut. Al-Qur'an pasti akan mengusir semua duka, serta kesedihan dan tumpukan masalah di masa lalu. Menghafal Al- Qur'an seperti mengeluarkan muatan negatif yang memenuhi otak Anda. Oleh karena itu, ketika Anda memulai proyek ini, Anda pasti merasakan bahwa Anda seperti telah terlahir kembali.

Abdud Daim Al-Kahil

Post a Comment for "Manfaat Menghafal Al-Qur'an"