Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan waktu yang pas memberikan nama si kecil?

Kapan waktu yang pas memberikan nama kepada bayi yang baru lahir?

Kapan waktu yang pas memberikan nama si kecil?

Oleh Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Baz Rahimahullah

Jawabannya:

Yang berhak memberikan namanya adalah ayahnya, jika masih hidup, jika sudah tiada, maka yang paling besar dari wali anak tersebut, dan disunnahkan untuk dimusyawarahkan ibu dan ayah mengenai namanya, sehingga memilih nama yang bagus, dan nama yang paling utama adalah, ada unsur penyembahan Allah padanya, seperti Abdullah, Abdurrahman, Abdul Malik, Abdurrahim,,,dan semisalnya. 

Dan untuk anak perempuan, nama-nama yang dikenal, yang bagus di kalangan wanita para sahabat, dan mukminat, bukan nama yang ada unsur jelek, dan nama-nama jahiliyah, nama-nama orang kafir, seseorang mukmin dia harus memilih nama yang memiliki makna bagus, ini lebih utama. 

Adapun nama yang ada unsur penyembahan kepada selain Allah tidak boleh, seperti Abdul Husein atau Abdul nabi atau Abdul Ka'bah ini semua tidak boleh. 

Dan lebih utama diberikan nama pada hari ketujuh untuk laki-laki ataupun perempuan, ini sebagaimana hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam: 

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويسمى
“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih atasnya pada hari ketujuh kemudian setelah itu diberikan nama” (HR Imam Ahmad dengan sanad yang shahih). 

Adapun jika diberikan nama pada hari pertama maka tidak mengapa karena Nabi shallallahu alaihi wassalam pernah memberikan nama anaknya Ibrahim pada hari kelahirannya, begitu juga sebagian para sahabat memberikan nama kepada anak-anak mereka pada hari pertama, adapun penamaan pada hari ke-7 dan ini lebih afdol dari sisi zaman/waktu. 

Sumber Fatwa:
https://binbaz.org.sa/fatwas/17669/%D8%A7%D9%84%D9%88%D9%82%D8

Post a Comment for "Kapan waktu yang pas memberikan nama si kecil?"