Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Khusus Puasa Ramadhan & Hikmah Berpuasa (Materi #10)

Keutamaan Khusus Puasa Ramadhan & Hikmah Berpuasa (Materi #10)

Keutamaan Khusus Puasa Ramadhan & Hikmah Berpuasa (Materi #10)
Oleh : Ustadz Sirajul Yani, M.H.I


بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاه والسلام على رسول الله وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين وبعد، إخوتي في الله عزني الله وإياكم

Kita lanjutkan kembali pembahasan kali ini berkaitan dengan puasa di bulan Ramadhan secara khusus, pada pertemuan yang lalu sudah kita jelaskan keutamaan puasa secara umum.

Adapun keutamaan puasa Ramadhan secara khusus maka diantar Hadist-hadist yang menjelaskan hal tersebut yaitu hadis abu Hurairah radhiallahu 'anhu Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap ganjaran pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR Bukhari: 37).

Begitu juga dalam Riwayat yang lain sebagaimana yang telah kita jelaskan dalam pembahasan keutamaan bulan Ramadhan Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

إذا كانت أول ليلة من رمضان، صفدت الشياطين ومردة الجن، وغلقت أبواب النار
"Jika telah datang bulan Ramadhan maka syaitan-syaitan dibelenggu dan di tutup pintu-pintu neraka..." dan seterusnya dari hadis yang sudah kita jelaskan. Keutamaan keutamaan ini baik itu keutamaan puasa secara Umum dan keutamaan puasa secara khusus akan kita dapatkan ketika kita berpuasa di bulan Ramadhan. 

Kemudian diantara hikmah di syariatkan ibadah puasa di bulan Ramadhan yaitu: 


  • Puasa adalah wasilah untuk meraih derajat taqwa sebagaimana dalam ayat:

لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ
"Agar kita menjadi orang yang bertaqwa"

  • Kemudian diantara hikmahnya orang yang berpuasa ia akan merasakan begitu besarnya nikmat² yang Allah berikan kepadanya.

  • Kemudian berikutnya dengan puasa seseorang bisa melatih diri dalam mengekang hawa nafsu khususnya hawa nafsu perut dan juga hawa nafsu syahwat dengan seseorang berpuasa maka nafsu syahwatnya akan menurun.

  • Kemudian yg berikutnya diantara hikmah ibadah puasa, puasa bisa mensucikan dirinya mensucikan badannya dari segala yang merusak atau mengotorinya dan memberikan kesehatan dan kekuatan pada tubuhnya.

Semoga bermanfaat.

وصلى الله على نبينا محمد وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Post a Comment for "Keutamaan Khusus Puasa Ramadhan & Hikmah Berpuasa (Materi #10)"