Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khishol Fitroh (Sifat-Sifat Fitroh yang 5) 02 (Fiqih Ibadah #22)

Khishol Fitroh (Sifat-Sifat Fitroh yang 5) 02

Program Belajar Syariah ke 1
Fiqih Ibadah #22
Khishol Fitroh (Sifat-Sifat Fitroh yang 5) 02
Ustadz Sirajul Yani, M.H.I


بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على رسول لله وعلى آله وأصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين وبعد.
Ikhwani fillah 'Azzaiyallahu waiyyaakum 

Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan fiqih ibadah 

Pembahasan Yang lalu sudah kita Jelaskan di antara Khisholul fitrah atau sunah-sunah fitrah atau sifat-sifat fitrah bersiwak yang mana خصال الفطره atau sunah-sunah fitrah sangat banyak sekali ada yang menyebutkan 5 sifat ada yang menyebutkan 10 dan bahkan lebih. 

yang mana sunnah Fitrah disebut juga dengan sifat-sifat fitrah karena pelakunya disifati dengan Fitrah yang mana Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan manusia diatasnya dan menganjurkan bagi mereka agar mereka selalu dalam bentuk terbaik dan penampilan yang paling sempurna 

Oleh karena itu sunah-sunah Fitrah atau sifat-sifat fitrah ini dia dalam keadaan bentuk terbaik dan tampilan yang paling sempurna dan sifat-sifat Fitrah dan sunah-sunah Fitrah ini yang kita bahas ada 5 sebagaimana yang disebutkan oleh hadits Abu Hurairah radhiallahu an dia berkata: 
Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : 
خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَقَصُّ الشَّارِبِ
5 perkara termasuk fitrah 
- Mencukur bulu kemaluan. 
- Khitan. 
- Menggunting kumis. 
- Mencabut bulu ketiak. 
- Memotong kuku. 
HR Bukhari Muslim. 

1. Alistihdad (mencukur bulu kemaluan) yaitu rambut yang tumbuh disekitar kemaluan, disebut istihdad?. 

Karena alat yang digunakan adalah besi atau silat atau pisau cukur. Dalm mencukur bulu ini Terdapat keindahan dan kebersihan dan juga Bulu tersebut bisa dihilangkan tanpa dicukur dengan mengoleskan kriem perontok atau yang semisal dengan nya. 
Kemudian 

2. Al khitan yaitu: membuang kulit yang menutupi kepala penis sehingga kepala nya nampak untuk laki-laki, sedangkan untuk wanita adalah dengan memotong sedikit daging diatas vagina ada yang berkata ia berbentuk seperti cengker ayam jantan dan hukum berkhitan sebagaimana pendapat Yang paling kuat wajib bagi laki-laki dan Sunnah bagi perempuan. 

Ini Sebagaimana sabda Nabi shallallahu Alaihi Wasallam beliau pernah berkata kepada seorang yang masuk Islam kata beliau: 
أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ
Cukurlah rambut kafirmu dan berkhitanlah. 
HR Abu Dawud. 

Ada pun hikmah dari Khitan yaitu membersihkan kemaluan dari najis yang tertahan di balik kulit yang menutupi ujungnya disamping hikmah hikmah lainnya yg banyak, untuk wanita adalah mengurangi keras nafsu syahwatnya dan Khitan dianjurkan pada hari ke7 kelahiran, karena ia lebih cepat sembuh di samping agar anak tumbuh dalam keadaan paling sempurna. 

3. Menggunting dan Memendekkan kumis maksudnya mengguntingnya sependek mungkin, karena hal itu mengandung sisi ketampanan, kebersihan dan menyelisihi orang kafir. 

Terdapat Hadis² shohih yang mendorong untuk mencukur kumis dan membiarkan Jenggot Laki-laki di zaman ini membalikan perkara membiarkan kumis dan mencukur jenggot, semua itu menyelisihi Sunnah dan perintah dari Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam tentang wajibnya memanjangkan jenggot. 

Diantar Hadis yang mewajibkan hal tersebut adalah Hadis Abu Hurairah radhiyallahu anhu Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: 
جُزُّوا الشَّوَارِبَ وَأَرْخُوا اللِّحَى خَالِفُوا الْمَجُوسَ
Potonglah kumis biarkanlah jenggot memanjang serta selisihlah orang-orang Majusi dan dalam Hadis yang lain.

Hadis Ibnu Umar radhiyallahu anhuma Nabi shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
خَالِفُوا الْمُشْرِكِينَ وَفِّرُوا اللِّحَى وَأَحْفُوا الشَّوَارِبَ
Selisihlah orang musyrikin penjangkan Jenggot dan tipiskanlah kumis. 
HR Bukhari Muslim. 

4. Memotong kuku 
Yaitu mengguntingnya dengan tidak membiarkan panjang, memotong ini memperindah kuku dan membersihkan kotoran yang menumpuk dibawahnya. 

5. Mencabut bulu ketiak 
Maksudnya membuang bulu yang tumbuh diketiak yang mana ini disunnahkan untuk dihilangkan dengan dicabut, dicukur, atau selainnya, karena dengan menghilangkan bulu ketiak terkandung kebersihan dan menghilangkan bau yang tak sedap yang numpuk bersamaan dengan bulu tersebut, 

Ini lah Agama kita yang lurus yang selalu berpegang teguh dengan sifat sifat mulia yang penuh dengan keindahan, kebersihan dan kesucian yang mana agar seorang muslim senantiasa dalam keadaan yang paling bersih dan paling bagus. 

Semoga bermanfaat 

وصلى الله على نبينا محمد وآخر دعوانا عن الحمد لله رب العالمين

Soal Evauasi: Sebutkan dengan ringkas 5 khisol fitrah dan kenapa seorang muslim harus menjaganya?

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi atau memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Khishol Fitroh (Sifat-Sifat Fitroh yang 5) 02 (Fiqih Ibadah #22)"