Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profesi Nabi Sejak Kecil Hingga Dewasa (Siroh Nabawiyyah #14)

Profesi Nabi Sejak Kecil Hingga Dewasa

Program Belajar Syariah Ke 1
Siroh Nabawiyyah #14
Profesi Nabi Sejak Kecil Hingga Dewasa
Ustadz Sirajul Yani, M.H.I


بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله و الصلاة والسلام على رسول الله و على اله و اصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين أما بعد
Kita lanjutkan kembali pembahasan Sirah Nabawiyah
Setelah baliknya beliau dari Syam, dari Busyro beliau memulai dalam membantu pamannya mencari rezeki yang mana sudah kita ketahui bahwasanya Paman beliau Abu Thalib adalah seorang yang fakir maka Nabi shallallahu alaihi wasallam sibuk mengembala kambing, mengembalakan kambing-kambing penduduk Makkah dengan upah beberapa qirat. 1 qirat adalah sebagian kecil dari Dinar tepatnya setengah dari sepersepuluh Dinar atau sepertiga dari seperdelapan Dinar. Nilainya untuk saat ini sebesar kurang lebih 10 real dan mengembala kambing adalah tradisi para Nabi di masa-masa awal kehidupan mereka. Kata Nabi shallallahu alaihi wasallam
ما بَعثَ الله نبيًّا إلا رعى الغنم'، فقال أصحابه رضي الله عنهم.
• وأنت؟ فقال:
• 'نعم، كنتُ أرعاها على قراريط لأهل مكة'
" Tidaklah Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengutus seorang nabi kecuali profesinya atau pekerjaan awalnya mengembala kambing. Maka para sahabat bertanya ' dan begitu juga Anda wahai Rasulullah?' Dan Beliau berkata 'Iya saya juga, dulu saya mengembala kambing-kambing penduduk Mekah dengan bayaran beberapa qirat' " ( HR Bukhari) 

Begitu juga dalam hadis yang lain dari 'Abdata ibni Hazn radhiallahu 'anhu berkata Rasulullah shallallahu alaihi wasallm bersabda : 
بُعِثَ مُوسَى وَهُوَ رَاعِي غَنَمٍ، وَبُعِثَ دَاوُدُ وَهُوَ رَاعٍ، وَبُعِثْتُ أَنَا وَأَنَا أَرْعَى غَنَمًا لأَهْلِي بِأَجْيَادِ‏.‏
" Nabi Musa diutus dan beliau mengembala kambing, dan Nabi Daud diutus dan beliau profesinya mengembala kambing dan aku diutus aku mengembala kambing, kambing milik keluargaku jiyad" (HR Bukhari) 

Dan hikmah dari mengembala kambing yang dilakoni atau yang dilakukan para Nabi adalah 

1. Agar mereka terlatih dalam mengatur kambing-kambing tersebut dan melakukan apa yang menjadi kebutuhan kambing itu, sehingga Ketika mereka telah terlatih dalam mengatur kambing, karena kambing susah dalam pengaturannya sangat mudah keluar dari kelompok teman-temannya dan sangat mudah lepas. Oleh karena itu dengan mengembala kambing seseorang akan terlatih, terlatih dalam membina, dan mentarbiyah umat manusia. 

2. Kemudian yang kedua, dengan mengembala kambing dia akan belajar sabar dan juga dia akan memiliki sifat kasih sayang dan dia akan mendapatkan dia akan mendapatkan sifat tawadhu dan ketenangan dalam berprofesi sebagai pengembala kambing. Nabi shalallahu alaihi wasallam pernah bersabda : 
و السكينة فى أهل الغنم
" Dan ketenangan akan didapati oleh pengembala kambing" (HR Tirmidzi) 

3. Begitu juga diantara hikmah dari mengembala kambing bahwasannya padanya anjuran untuk selalu bekerja dan tidak berdiam diri atau berpangku tangan akan tetapi bekerja untuk mencari Rizki walaupun pekerjaannya berat seperti mengembala kambing karena penghasilan dari keringat sendiri itu lebih utama dari seseorang atau dari meminta-minta, mendapatkan pemberian orang lain. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam : 
(ما أكَلَ أحدٌ طعامًا قطُّ خيرًا من أن يأكل من عمل يده، وإن نبيَّ الله داود عليه السلام كان يأكُلُ من عمل يده )
" Tidak ada seorang yang memakan suatu makanan pun yang lebih baik dari hasil usaha tangannya sendiri. Dan sesungguhnya nabi Allah Daud 'alaihis Salam memakan makanan dari hasil usaha sendiri" (HR al-Bukhari) 

Kemudian setelah itu setelah beranjak besar dan menginjak dewasa, beliau berdagang ditemani dengan temannya As Sa'ib Ibn abi Sa'ib

Beliau adalah teman terbaik berdagang. Beliau tidak pernah bersaing atau berdebat dengannya. Dalam berinteraksi Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam dikenal sangat amanah, jujur, dan menjaga diri itulah perilaku beliau di seluruh lini kehidupannya. Sampai-sampai beliau dijuluki dengan al-Amin yaitu orang terpercaya. Semoga bermanfaat. 

و صلى الله على نبينا محمد و اخر دعوانا عن الحمدلله رب العالمين
Soal Evauasi: Sebutkan secara ringkas hikmah dari mengembala kambing?

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi dan memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Profesi Nabi Sejak Kecil Hingga Dewasa (Siroh Nabawiyyah #14)"