Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Referensi dan sumber akidah yang lurus (03) Ijma’ Salafus Sholih (01) (Aqidah #11)

Ijma’ Salafus Sholih (01)

Program Belajar Syariah ke 1
Aqidah #11
Referensi dan sumber akidah yang lurus (03)
Ijma’ Salafus Sholih (01)
Ustadz Aziz Shodiq, S,Sy


بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله رب العالمين وصلاة والسلام على أشرف الانبياء و إمام المرسلين نبينا محمد على آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين أما بعد
Saudara-saudariku yang dirahmati Allah subhanallah wa ta'ala 
Referensi terakhir atau sumber terakhir aqidah yang shahih dalam Islam itu diambil adalah ijma'u salafus Shalih yaitu ijma'u / kesepakatan /Konsensus kaum Salaf as-Shalih. 

Salaf secara bahasa adalah sebuah kelompok atau jama'ah yang telah terdahulu atau jama'ah terdahulu atau segolongan orang yang telah lewat / terdahulu disebutkan salafa yaslufu (سلف-يسلف) yang berarti madha yaitu berlalu. Maka salaful insan / salafnya seseorang adalah nenek moyangnya, bapak-bapaknya dulu, kakek-kakeknya dulu yang telah meninggal dunia sehingga salaf kita adalah buyut kita, cicit kita yang telah meninggal dunia. Itu salaf secara bahasa. 

Adapun salaf secara istilah maka di sana ada beberapa nama untuk kaum salaf. 

Nama pertama adalah Ahlussunnah wal Jama'ah. Dan ini yang sering kita dengar Ahlussunnah Wal Jama'ah adalah sebutan kaum salaf / golongan orang manusia yang telah lewat yaitu manusia yang sholeh kita sebutkan dengan kata Salafus Sholeh yaitu nenek moyang yang sholeh nama pertama adalah ahlussunnah wal jamaah mereka dinamai Ahlussunnah wal Jamaah kenapa? 

Karena kegigihan mereka kereguhan mereka memegang dan mengamalkan Sunnah Nabi Muhammad shallallahu Alaihi Wasallam. 

Adapun wal Jama'ah 
Karena apa? 

Karena mereka berkumpul , sepakat menjalankan Sunnah Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam dan mereka juga dihimpun oleh sebuah kesepakatan yang sama, itulah Ahlussunnah wal Jama'ah, golongan manusia terdahulu yang mereka itu berpegang teguh mengamalkan Sunnah rasullullah shallallahu Alaihi Wasallam dan mereka semuanya bersatu diatas Sunnah Nabi dan apa yang menjadi kesepakatan mereka, mereka sepakati itu lah Ahlussunnah wal Jama'ah 

Nama ke 2 Al-firqotun najiah ini nama lain dari salaf as-Shalih, Al-firqotun najiah yakni golongan yang Selamat. 

Kenapa dinamai seperti ini, karena meraka mendapatkan jaminan selamat dari neraka dan segala macam bentuk kejolak fitnah atau huru-hara yang terjadi di zamannya, kenapa demikian ?... 

karena mereka memang berpegang teguh kepada Sunnah itu sendiri sehingga mereka selamat 
Sebagaimana Hadis dari sahabat Mu'awiyah bin Abi sofyan radhiyallahu anhuma beliau berkata Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam bersabdah : 
إنَّ أهلَ الكِتابينِ افترقوا في دينِهم على ثِنْتَيْنِ وسبعينَ مِلَّةً، وإنَّ هذه الأمةَ سَتَفْتَرِقُ على ثلاثٍ وسبعينَ مِلَّةً، يعني الأهواءَ، كُلُّها في النارِ إلا واحدةً، وهي الجماعةُ
Sesungguhnya 2 ahlul kitab yaitu Yahudi dan Nasrani mereka berpecah belah dalam agama mereka menjadi 72 golongan, dan umat ini akan terpecah menjadi 73 golongan, semuanya terancam masuk kedalam neraka kecuali hanya 1 golongan, Rasulullah berkata yaitu mereka lah jama'ah, kelompok golongan yang memang berpegang teguh kepada Sunnah Nabi shallallahu Alaihi Wasallam dan bersatu diatas perkara nya yang menjadi ijma di tengah mereka. 

Penamaan yg lain dari kaum salafus sholih adalah 
Al-firqotun manshuroh yaitu golongan yang tertolong yg mendapatkan pertolongan. Kenapa? 

Karena mareka akan sentiasa ditolong oleh Allah subhanallah wa ta'ala hingga tegaknya hari akhir yaitu hari Kiamat. 
Juga berdasarkan Sabda rasullullah shallallahu Alaihi Wasallam :
ولا تزال طائفة من أمتي منصورينا...
Dan akan senantiasa ada golongan atau kelompok dari umat ku ini Senantiasa tertolong, tidak akan pernah memberika bahaya kepada mereka orang yg menghina mereka, merendahkan mereka, hingga tegak hari kiamat. 

Itu penamaan kaum salafu sholih yaitu 
Ahlussunnah wal Jamaah 
Alfirqotun najiah 
Al firqotun manshuroh 

Dan juga ada nama lain yg disebutkan oleh ulama seperti adalah Sawadhul A'dzhom yaitu kolompok yang besar, golongan yg mayoritas. karena didapati ketika abad setelah kenabian setelah Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam kamu Muslimin bersatu diatas Sunnah serta keyakinan yg dibangun diatas alquran dan Sunnah sehingga mereka sangat banyak sehingga disebut dengan Asswadhul A'dzhom. 

Demikian yang bisa kita sampaikan Semoga bermanfaat. 
وصلا الله والسلام على نبينا محمد وآخر دعوانا عن الحمدلله رب العالمين
Soal Evauasi: Apa yang dimaksud dengan Ahlussunnah wal jamaah?

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi dan memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Referensi dan sumber akidah yang lurus (03) Ijma’ Salafus Sholih (01) (Aqidah #11)"