Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keberadaan Nabi di Bani Saad dan Kejadian Pembelahan Dada Beliau (Siroh Nabawiyyah #11)

Keberadaan Nabi di Bani Saad dan Kejadian Pembelahan Dada Beliau

Program Belajar Syariah Ke 1
Siroh Nabawiyyah #11
Keberadaan Nabi di Bani Saad dan Kejadian Pembelahan Dada Beliau
Ustadz Sirajul Yani, M.H.I


بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله و الصلاة والسلام على رسول الله و على اله و اصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين أما بعد
Ikhwati fillah a'azzaniyallahu wa iyyaakum 
Kita lanjutkan kembali pembahasan as-Siroh an-Nabawiyah. Pembahasan kali ini yaitu keberadaan Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam di permukampungan Bani Sa'ad. Dan kejadian pembelahan dada beliau. 

Halimah Sa'diyah selalu datang membawa nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam ke ibunya di setiap 6 bulan sekali. Lalu setelah itu kembali pulang ke perkampungan Bani Sa'ad.Kemudian setelah masa penyusuan selesai yaitu 2 tahun, Halimah Sa'diyah menyapih beliau dan Halimah membawa nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam menemui ibu beliau. 

Halimah meminta agar beliau tetap tinggal bersamanya di Bani Sa'ad karena apa yang dirasakan oleh Halimah Sa'diyah dari keberkahan dan kebaikan yang sangat banyak. Halimah meminta kepada ibunda beliau agar membiarkan beliau tetap tinggal di Bani Sa'ad sampai beliau besar dan kuat karena dikhawatirkan kepada beliau terkena wabah di kota Makkah. Maka ibu beliau, ibu Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam menerima dengan senang hati permintaan Halimah Sa'diyah. 

Akhirnya Halimah Sa'diyah kembali ke perkampungan Bani Sa'ad, kembali pulang bersama Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam dengan senang dan gembira. Setelah itu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bernama Halimah Sa'diyah sekitar dua tahun. Lalu terjadilah peristiwa aneh yang membuat Halimah dan suaminya merasa takut, akhirnya keduanya mengembalikan Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam ke ibu beliau. 

Peristiwa itu adalah peristiwa pembelahan dada beliau. Dan kejadian pembelahan dada beliau ini termasuk diantara mu'jizat dari mu'jizat Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang mana dikisahkan oleh Anas ibn Malik Radhiyallahu'anhu, kata beliau Rasulullah shallallahu alaihi wasallam didatangi Jibril saat sedang bermain dengan teman-temannya. 

Jibril dan malaikat satunya meraih lalu membaringkan beliau, Kemudian Jibril membelah dada beliau dan mengeluarkan hati beliau lalu mengeluarkan segumpal darah darinya. Lalu Jibril berkata, ini bagian syaithan darimu yang mana setiap manusia pasti memiliki segumpalan darah ini. Akan tetapi Allah subhanahu wa ta'ala menjaga nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dari para syaithan. Setelah itu Jibril membasuh gumpalan darah itu dalam baskom emas dengan air zam-zam lalu Jibril mengembalikan atau merapatkan kembali segumpalan darah itu, lalu mengembalikannya ke tempat semula. 

Anak-anak berlarian menemui ibu susuan beliau. Mereka berkata " Muhammad telah terbunuh kemudian mereka semua mendatangi nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi WA sallam dan mendapati wajahnya pucat karena kaget melihat dua malaikat yang datang dan membelah dada beliau. Lalu Anas berkata " Dan aku melihat bekas jahitan itu di dada beliau. 

و صلى الله على نبينا محمد وآخر دعوانا عن الحمدلله رب العالمين

Soal Evauasi: Berapa lama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersama halimah sa'diyah di bani sa'ad?

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi dan memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Keberadaan Nabi di Bani Saad dan Kejadian Pembelahan Dada Beliau (Siroh Nabawiyyah #11)"