Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muqaddimah Sumber & Refrensi Aqidah Islam (Aqidah #8)

Muqaddimah Sumber & Refrensi Aqidah Islam

Aqidah #8 
Muqaddimah Sumber & Refrensi Aqidah Islam 
Ustadz Aziz Shodiq, S,Sy 

Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbilalamin wassalatu wassalamu ala rasulillah nabiyyina Muhammad wa ala alihi wa sahbihi waman tabi'ahum Bi ihsanin Ila yaumiddin Amma ba'du 

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala pada pertemuan yang kemarin kita telah jelaskan karakteristik atau ciri aqidah yang lurus aqidah yang Shahih yang benar menurut agama kita. 

Pada kali ini kita akan jelaskan yaitu sumber dari mana aqidah Islam ini diambil. 

Akan tetapi sebelum kita menyebutkan sumber-sumber dari mana kemudian bukti-bukti dalil maka kita ingin menekankan hakikat Syariat Yang ada tentang aqidah ini kita harus tahu bahwasannya akidah Islam ini yang benar adalah aqidah Fitriah Yaitu sesuai dengan fitrah manusia sesuai dengan Dasar penciptaan manusia maknanya adalah bahwasanya pada dasarnya secara asal anak cucu Adam atau manusia ketika terlahir itu kondisi rohani mereka kondisi Fitrah mereka itu berada di atas aqidah yang benar jadi manusia sejak awal diciptakan di bumi ini maka hatinya agamanya aqidahnya secara asal mereka mengenal Allah Subhanahu Wa Ta'ala tahu tentang ketauhidan Allah Subhanahu Wa Ta'ala sehingga jiwa mereka siap untuk menerima kebenaran akidah ini sebagai pilihan hidup mereka. kita bisa mengetahui cerita atau kisah sebagian perjalanan religi perjalanan keagamaan seseorang ketika dia telah beragama ini dan itu kemudian akhir dari Agama yg ada adalah agama Islam Kenapa?... karena Islam aqidah yang dibawa oleh Islam itu sesuai dengan naluri dia sesuai dengan fitrah sesuai dengan rohani dan Nurani dia. 

Buktinya adalah bahwasanya kondisi manusia terlahir dalam kondisi Islam terlahir diatas aqidah yang benar adalah Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala : 
فَأَقِمۡ وَجۡهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفٗاۚ فِطۡرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِي فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيۡهَاۚ لَا تَبۡدِيلَ لِخَلۡقِ ٱللَّهِۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلۡقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعۡلَمُونَ
Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, -Surat Ar-Rum, Ayat 30 

Para ahli tafsir yang dikarang oleh para ulama mereka sepakat bahwasanya Hanafiah di sini lidDini Hanifah maksudnya adalah agama Islam dan ajaran-ajaran Islam. 

saudaraku sekalian bahwasanya Fitrah adalah disebutkan tabiat sifat dan dasar sifat normal sifat yang utuh kemudian tabiat yang lurus itulah adalah fitrah yang mana atas kondisi tersebut manusia diciptakan dan dalam kondisi tersebut manusia siap dirinya menerima sesuatu yang benar dari agama ini. Ketika sebuah keyakinan atau agama itu sesuai dengan Fitrah mereka sesuai dengan asal penciptaan mereka yaitu manusia ,maka seseorang akan mudah menerima ajaran tersebut dan tidak ada didapatkan ajaran yang sesuai dengan Fitrah manusia sesuai dengan naluri mereka melainkan Islam. 

Kemudian diantara bukti bahwasanya manusia itu terlahir dalam kondisi Islam kondisi mengenal Allah kondisi hanif lurus jiwanya lurus yakni naluri nya yaitu Sabda Rosulullah shallallahu Alaihi Wasallam: 
Setiap bayi yg dilahirkan itu dalam kondisi fitrah akan tetapi bapaknya lah orang tuanya lah yang menjadikan ia beragama Yahudi Nasrani Kristen atau Majusi, seperti hewan melahirkan anaknya Apakah kalian akan mendapati hewan tersebut cacat? 

Riwayat lain menyebutkan: 
Seperti hewan yang kondisi normal tidak ada cacat apakah kalian dapati hewan tersebut cacat? Atau kuping nya atau ekornya, jadi kecacatan hewan itu biasanya didapati ketika mereka sudah lahir, demikian juga manusia kondisi manusia itu normal fitrohnya mengenal Allah kemudian terjadi perubahan setelah mereka hidup melalui lingkungan orang tua dan lain sebagainya. 

kemudian imam Muslim menyebutkan satu riwayat dari Sahabat Abu Hurairah radhiallahu'anhu dengan menyebutkan dua lafadz yang berbeda yang yang menjelaskan bahwasanya manusia terlahir dalam kondisi fitrah kondisi muslim mengenal Allah yaitu sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam: tidaklah bayi yang dilahirkan kecuali di atas agama yaitu agama Islam. 

Lafadz yang lain menyebutkan: tidak lah bayi yang lahir melainkan di atas agama ini sampai lisannya menjelaskan kondisi dia Apakah seorang muslim atau bukan. 

Kemudian sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam: dari sahabat Iyadh bin himar Almujasyi'i Beliau pernah mengatakan bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam suatu hari pernah berkhotbah dalam khutbahnya beliau bersabda Allah subhanahu wa ta'ala berfirman ,menyebutkan Hadis Qudsi, Allah mengatakan: Sesungguhnya aku telah menciptakan hamba-hambaku Hunafa dalam kondisi Hanif tahu tauhid Allah Subhanahu Wa Ta'ala semua nya akan tetapi mereka didatangi oleh setan digoda oleh syetan kemudian mereka di pelencengan dari agama asal mereka yang lurus mereka mengharamkan apa yang aku halal kan dan setan tersebut memerintahkan kepada mereka agar mereka berbuat Syirik kepada ku yang tidak pernah aku turunkan perintah untuk berbuat hal tersebut 

Oleh karena itu Saudara-saudariku sekalian kita harus yakini bayi yang terlahir kondisi rohani mereka kondisi Fitrah mereka adalah berada di atas agama Islam yakni mengenal Allah Subhanahu Wa Ta'ala demikian Insya Allah pada rekaman berikutnya kita akan sebutkan menyebutkan sumber-sumber pengambilan aqidah yang lurus aqidah yang shahih. 

Wallahua'lam 
Washallallahu Ala nabiyyina Muhammad alhamdulillahirobbilalamin 

Soal Evauasi: Apa yang dimaksud Aqidah Islam adalah aqidah fithroh?

NB:Dilarang mengubah audio dan isi materi dan memindahkannya tanpa mencantumkan sumber.

Post a Comment for "Muqaddimah Sumber & Refrensi Aqidah Islam (Aqidah #8)"